IMG-20171113-WA0006
Purworejo,….. Mahasiswa akademi keperawatan pemkab purworejo angkatan XVII melakukan kegiatan diksar yang menjadi sebuah kegiatan rutinitas tiap tahunnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 6 minggu berturut-turut, yang tiap minggunya dilaksanakan pada hari sabtu. Kegiatan tersebut disusun sedemikian rupa oleh tim UKM KSR Akademi Keperawatan Pemkab Purworejo yang berjumlah 8 orang.
Menurut fajar ( Komandan KSR ) mengatakan bahwa diksar merupakan sebuah kegiatan yang diwajibkan dikampus akper kami, maka dari itu tentu kami tim ksr yang dibimbing oleh bp. Bayu seto rindi atmojo harus melaksanakan kegiatan ini sesuai prosedur yang telah tim ksr sepakati.
Kegiatan diksar yang yang diberikan kepada adik tingkat yang berjumlah 58 mahasiswa ini dilakukan dengan pemberian materi terkait dengan situasi bencana alam , yang meliputi sejarah kepalangmerahan, saver acces, HPI, dasar pertolongan pertama, initial assessment, pembalutan,pembidaian, evakuasi dan triase, whash, dan DU.
Kegiatan diksar ini berjalan sangat lancar dengan pemberian materi didalam kelas yang dipandu oleh tim PMI diantaranya pak haryo, pak yuli, pak nuryadi, pak mahfuzd dan dibantu oleh tim KSR sekaligus 2 orang yang bertugas dari UKM IKM yang dilakukan secara bergantian tiap minggunya.
Dalam mengikuti kegiatan tersebut mahasiswa mahasiswi akper pemkab purworejo sangatlah antusias. Saya sangat senang dalam mengikuti kegiatan diksar yang dilakukan tiap minggunya karena dalam kegiatan ini banyak sekali ilmu pengetahuan yang dapat saya ambil terkait dengan bencana alam dan selain itu juga disediakan snack yang tentunya bikin kenyang diperut, “sahut dian, salah satu peserta diksar”.
Kami tim KSR berharap dalam adanya kegiatan diksar yang dilakukan tiap minggunya , akan dapat menambah pengetahuan serta keterampilan adik-adik tingkat kami dalam bidang kepalang merahan.