IMG-20171109-WA0009

IMG-20171109-WA0008( PURWOREJO ) Sabtu, 04 november 2017 sejumlah mahasiswa mahasiswi Akademi Keperawatan Pemkab Purworejo melaksanakan kegiatan Water Safety di kolam renang SAC kutoarjo. Kegiatan tersebut merupakan sebuah kegiatan dari UKM Unit KSR akademi keperawatan pemkab purworejo yang tergolong langka.

Dalam pelaksanaan water safety mahasiswa mahasiswi sangatlah antusias. Kegiatan water safety ini dilaksanakan dengan tujuan dan maksud supaya mahasiswa dan mahasiswi akademi keperawatan pemkab purworejo tidak merasa kagok ketika dalam situasi bencana yang sangat rumit sebagai contoh adalah bencana banjir. Mahasiswa mahasiswi akademi keperawatan pemkab purworejo dilatih agar bisa terjun kedalam lokasi bencana tersebut baik pribadi atau sesama tim ” ujar fajar irfansani sebagai salah satu komandan KSR “.

Sebelum memulai kegiatan Mahasiswa mahasiswi akademi keperawatan pemkab purworejo berkumpul telebih dahulu di halaman kampus akademi keperawatan pemkab purworejo pukul 07.00 pagi. Sejumlah mahasiswa angkatan XVII yang berjumlah 58 anak , 57 mahasiswa ikut dan 1 dinyatakan tidak dapat hadir dikarenakan sakit. ketika mereka berkumpul dihalaman kampus , terlihat raut wajah adek-adek ku semua gembira “ ujar eka “.

Tim KSR akademi keperawatan pemkab purworejo yang dibimbing oleh bapak bayu seto rindi atmojo S.Kep.,Ns yang berjumlah 8 anggota diantaranya , fajar irfansani ( komandan ), eka puji lestari ( sekretaris ), siti fauziyah dan dikki febrianto ( bendahara ), rangga surya pradana (….) , prima anggita sari (…. ) , devallie nurul yudha (….. ) , dan ngabdi supraptini (….). dalam melaksanakan tugas water safety ini mereka berpencar dengan tanggung jawab yang berbeda disetiap masing-masing tugas yang diberikan. Eka dan deva bertugas dikampus untuk mengabsen adik tingkat mereka yang didampingi oleh pembimbing KSR. Fajar dan rangga sebagai pengecek lokasi yaitu langsung menuju ke SAC Kutoarjo. Siti dan dikki sebagai bendahara dalam kegiatan water safety. Abdy sebagai seksi konsumsi dalam kegiatan water safety. Prima sebagai P3K dalam kegiatan water safety ditambah 2 orang dari unit ukm IKM akademi keperawatan pemkab purworejo. Dalam pelaksanaannya nanti latihan water safety akan dipandu oleh tim markas pmi dengan komando bapak nuryadi amd.kep, dari pihak pmi sudah tersedia pelampung dan alat yang dibutuhkan.

Ketika hari sudah beranjak siang, tepat pukul 08.00 wib, mahasiswa mahasiswi angkatan XVII akademi keperawatan pemkab purworejo dilepas menuju SAC dengan menggunakan sepeda motor dengan didampingi oleh pembimbing dan tim KSR yang bertugas dikampus tadi. Setelah sampai lokasi dengan perjalanan kurang lebih 15 menit mahasiswa mahasiswi akademi keperawatan pemkab purworejo mengistirahatkan badan sejenak yaitu dikantin , sambil menunggu tim KSR yang lain dan dari unit markasi PMI. 5 menit kemudian tim markas pmi akhirnya sampai lokasi dengan didampingi oleh prima anggita sari yang bertugas sebagai P3K dalam kegiatan tersebut.

Ketika menyambut kedatangan tim markas PMI tersebut mahasiswa mahasiswi angkatan XVII sangat gembira. Dengan sigap mereka langsung menurunkan alat yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut yang meliputi pelampung, spalk, tandu , balut bidai, dsb. Sebelum acara dimulai pmi bersama tim KSR melakukan breafing terlebih dahulu untuk kelancaran acara kedepannya. Setelah selesai breafing mereka yang beranggotakan 1 tim pmi markas dan 1 tim KSR unit akademi keperawatan pemkab purworejo siap terjun kelokasi yaitu tepatnya dikolam renang SAC Kutoarjo.

Mahasiswa mahasiswi angkatan XVII yang akan siap dilatih oleh seniornya , mereka segera memakai pelampung dan mencoba satu persatu terlebih dahulu seperti teknik renang. Ketika semua sudah mencoba dengan sendiri-sendiri kegiatan tersebut dilanjutkan dengan latihan mengapung diair secara berkelompok. Kegiatan dengan mengapung diair secara berkelompok ini agak sulit dari yang perorangan, karena kenapa disitu setiap tim diharapkan bisa saling bekerjasama bagaimana caranya agar setiap tim itu bisa mengapung semua. Dan yang terakhir semua kelompok digabung menjadi satu agar bisa bersatu membentuk sebuah lingkaran merah. Acara ini sangatlah berguna bagi kita, karena selain kita bertambah pengalamannyadalam hal kepalangmerahan hal itu juga bisa menjadikan kita refreshing dengan tugas-tugas kuliah “ tutur salah satu seorang peserta “ Kegiatan latihan water safety ini berjalan lancar sampai dengan siang hari dan setelah selesai kegiatan tersebut dilanjutkan makan bersama disekitar kolam renang.