akper-kabupatenpurworejo

PURWOREJO – Posyandu Lansia Sehat Sentosa di Desa Purbayan, Kecamatan Kemiri diresmikan. Peresmian itu difasilitasi oleh mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Kabupaten Purworejo yang sedang menjalani program Kuliah Kerja Kesehatan Masyarakat (K3M). Peresmian itu guna memberikan wadah bagi lansia yang ada di Desa Purbayan agar lebih mudah dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Salah satu dosen Wahidin mengatakan, dalam pelayanannya, posyandu lansia di Desa Purbayan dibagi menjadi empat kelompok. Hal itu dilakukan mengingat letak geografis wilayah yang sebagian besar pegunungan.

‘’Pada kesempatan peresmian itu mahasiswa memfasilitasi sejumlah alat demi terselenggaranya posyandu lansia, di antaranya pengadaan tensi darah, timbangan dan pengukur tinggi badan,’’ katanya, kemarin.

Pelayanan Mandiri

Dijelaskan, kegiatan K3M dilaksanakan mulai 9 Februari-20 Maret dan diikuti 54 mahasiswa. K3M bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat desa dengan memberikan segala bentuk pengetahuan dan praktik penanganan kesehatan masyarakat secara mandiri. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut berdasarkan acuan yang telah dilakukan pada tahap pengkajian dan didiskusikan dengan warga desa serta Puskesmas Kemiri dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) II.

‘’Salah satu bentuk kegiatan yang telah dilakukan adalah dengan diresmikannya posyandu lansia ini,’’ katanya. Kegiatan peresmian tersebut bertepatan dengan grand opening Kesenian Dolalak Putri “Krido Laras” Desa Purbayan yang merupakan kesenian asli Kabupaten Purworejo.

Hadir pada kesempatan itu Sekretaris Kecamatan Kemiri, Sugiyo, Kepala Puskesmas Kemiri Ervita Yahya. Sekcam Kemiri, Sugiyo menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah melakukan kegiatan nyata peningkatan kesehatan di Desa Purbayan.

Direktur Akper Purworejo, Wahyu Widodo menjelaskan, kegiatan K3M itu merupakan bentuk aplikasi nyata kegiatan mahasiswa untuk siap terjun di masyarakat setelah menyelesaikan pendidikan. Kegiatan tersebut sejalan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. (K42-42)

 

Sumber : Suaramerdeka.com

 

Tags: , , ,