AKPER Pemkab Purworejo melaksanakan kegiatan Gowes Sosial yang dipimpin langsung oleh Direktur AKPER Bpk Wahidin, S.Kep.,Ns., M.Kep.  Kegiatan ini bertujuan untuk membina kebugaran fisik serta mempererat silaturahmi antar karyawan AKPER, selain itu kegiatan ini juga bermaksud untuk memberikan penyuluhan kesehatan kepada warga masyarakat tentang pentingnya budaya hidup sehat. Jum’at (31/01/2020)

Gowes Sosial pada kesempatan kali ini dilanjutkan dengan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Masyarakat Pada Lansia, tepatnya di Balai Desa Grantung, Kec. Bayan, Kab. Purworejo. Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebihnya 35 lansia di Desa Grantung. Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan tensi darah, gula darah, kolesterol, serta pemeriksaan asam urat.

Setelah dilakukan  pemeriksaan, kemudian dilanjutkan dengan penyulhan dengan judul ” Kiat Sukses Menjadi Lansia Hebat dan Sehat”  oleh Bpk Wahidin, S.Kep.,Ns., M.Kep dan Bpk Ahmad Muzaki, S.Kep.,Ns. didampingi oleh Kepala Desa Grantung yakni Bpk. Sujani dan Ibu Bidan Hesti Utami serta dikuti oleh antusias para lansia yang sangat luar biasa, hal tersebut terbukti dengan adanya beberapa pertanyaan dari para lansia tentang kesehatan yang artinya para lansia tersebut tidak merasa enggan untuk bertanya, serta ucapan terima kasih dari para lansia dan warga Desa Grantung kepada AKPER Pemkab Purworejo yang telah memberikan penyuluhan kesehatan.

Dari materi yang disampaikan, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam menerapkan budaya hidup sehat, ada 3 poin yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Jaga Pola Makan => Hindari/batasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti seafood,jeroan,keju,dll.
  2. Olahraga => Minimal 3x seminggu, seperti senam kebugaran, jalan, gowes, dll
  3. Pikiran => Jangan terlalu banyak pikiran dan jangan lupa untuk bahagia, Yakinlah semua akan baik-baik saja.

red (Bgs)

 

 

 

 

 

 

Tags: , , , ,